Baru 5 Hari Dirilis, Resident Evil 7 Sudah Dibobol


Berbicara dengan situs gaming Inggris – Eurogamer, Denuvo melemparkan pernyataan resmi via Thomas Goebl – sang Marketing Director. Ia kembali menegaskan bahwa Denuvo tak pernah menyebut dirinya sebagai sistem keamanan yang TAK BISA diretas, tetapi hanya SULIT untuk diretas. Dan sejauh ini, ia menyebut hanya ada satu grup (CPY) yang bisa melakukannya. Goebl menyebut bahwa saat ini mereka tengah mempelajari bypass yang dilakukan CPY untuk menciptakan solusi dan update keamanan baru di versi Denuvo selanjutnya.
 
Sempat menjadi senjata ampuh untuk menangkal peretas saat nge-hack sejumlah gim, Denuvo DRM yang terpasang di gim teranyar milik Capcom ini berhasil dijebol oleh tim peretas hanya dalam waktu singkat.

Tim Peretas itu Adalah CPY, grup peretas yang berhasil membobol Resident Evil 7 hanya dalam waktu 5 hari setelah gim tersebut dirilis di pasaran.
Sebelumnya, Rise of the Tomb Raider merupakan gim terakhir di 2016 yang berhasil diretas oleh CPY. Uniknya, tahun lalu Director of Sales Denuvo Thomas Goebl sempat mengatakan bahwa software buatannya memang 'sulit diretas' bukan 'tidak dapat diretas'.
Dengan kejadian ini, hanya tinggal tunggu waktu saja gim-gim yang menggunakan Denuvo DRM atau software pengaman lainnya dapat dijebol dengan mudah hanya dalam hitungan hari.

Namun satu yang menarik, Goebl tetap menyanjung Denuvo terlepas dari apa yang terjadi dengan Resident Evil 7. Mengapa? Karena walaupun jauh lebih cepat, ia menegaskan bahwa Denuvo masih memberikan perlindungan yang dibutuhkan oleh game survival horror yang satu ini. Bahwa game-game yang tak dilindungi Denuvo, termasuk konten update, di luar sana sudah bisa dibobol di hari pertama rilis. Ia melihat umur “6 hari” Denuvo di Resident Evil 7 tetap sebagai pencapaian tersendiri.

Apakah ini berarti Capcom akan mendapatkan jaminan uang kembali? Goebl membantah hal tersebut. Ia menyebut bahwa Denuvo tidak pernah punya kebijakan yang menawarkan jaminan uang kembali jika game berhasil diretas dalam kurun waktu tertentu. Jadi, apakah ini akan jadi akhir Denuvo? Ataukah Denuvo akan kembali menyerang dengan pertahanan yang jauh lebih solid dibandingkan versi sebelumnya?Kita tunggu saja kabar dari Kedua kubu tersebut

Sayang, Capcom masih enggan memberikan konfirmasi apakah perusahaan akan menghapus Denuvo di dalam gim teranyarnya ini atau tidak.


SHARE

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment