Mempercepat Kinerja Laptop Yang Lemot



Postingan Kali ini adalah membahas tentang Bagaimana mempercepat kinerja laptop yang lemot
oke , ini merupakan berdasarkan pengalaman pribadi, untuk mempercepat kinerja laptop yang lemot perlu mengganti/ Istilahnya adalah mengupgrade komponen yang ada di laptop tersebut, Apa saja  yg perlu diganti ?
  • Pertama Liat spesifikasi laptop kamu terlebih dahulu , apakah laptop yg kamu milikin support untuk di upgrade atau tidak ,biasanya untuk laptop yang bisa di upgrade adalah ram .

Oke langsung saja  hal-hal apa saja yang perlu kita lakukan untuk mempercepat kinerja laptop:

 

  1. Perbesar kapasitas Ram
Proses multitasking yang terlalu berat menyebabkan kinerja suatu komputer/ laptop menjadi lambat. Menambah kapasitas RAM menjadi lebih besar lagi merupakan pilihan yang terbaik untuk mempercepat kinerja suatu komputer.Tapi perludi perhatikan untuk mengupgrade ram langkah pertama kenali dulu jenis ram pada laptop kalian , Berupa socket apa kecepatan ramnya/(DDR3,DDR3L,DDR4)
Perhatikan pula kapasitas harddisk anda. Jika memang sudah hampir penuh (misalkan tersisa 10GB), tidak heran jika komputer/ laptop anda semakin melambat saja. Saya sarankan anda memperbesar kapasitas harddisk dan jika mempunyai dana lebih, tidak ada salahnya membeli SSD untuk meningkatkan performa komputer/ laptop anda.

  
    2. Hapus File-file yang sudah tidak digunakan lagi dan hapus file yang berada di Recycle Bin

File sementara (sampah) dapat memperlambat kinerja suatu komputer/ laptop, jadi alangkah baiknya jika anda menghapusnya. Periksa terlebih dahulu file tersebut, jika memang benar-benar tidak dibutuhkan, silakan anda hapus dengan cara klik kanan icon Recycle Bin kemudian pilih Empty Recycle Bin.
Alternatif software yang bisa anda gunakan adalah CCleaner, software tersebut juga dapat menghapus file sementara yang terdapat pada browser.


       3. Minimalkan Program yang sedang berjalan

Dengan cara ketik task manager dan and task program yang tidak di perlukan
Semakin banyak program yang berjalan pada startup menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kinerja suatu komputer menurun. Saya sarankan anda untuk menonaktifkan program apa saja yang benar-benar tidak penting dan tidak perlu berjalan di startup dengan cara tekan tombol Win+R > ketik msconfig > pilih tab Startup kemudian uncheck program yang ingin dinonaktifkan.
Agar lebih mudah, anda juga bisa menggunakan CCleaner untuk menonaktifkan program yang berjalan di startup.


       4.Menginstal Antivirus

Biasanya Laptop lampat faktornya adalah Terdapat banyak Virus Seperti yang kita ketahui bahwa rata-rata virus termasuk malware dan spyware menyebabkan kinerja suatu komputer menjadi lambat dan juga dapat merusak data/ file kita. Selain itu anda harus menginstal antivirus yang tepat, bukan antivirus yang malah memperlambat kinerja komputer/ laptop anda.
Antivirus ini berguna untuk mempercepat laptop kita , Pastikan anda sudah menginstal antivirus.
 
SHARE

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment